TENTANG KAMI

Seperti halnya daerah-daerah yang terbentang di wilayah timur lainnya di Indonesia, Flores adalah sebuah Paradoks. Wilayah yang kaya seni budaya, keindahan, dan kekayaan alam pada kenyataan selalu disandingkan dengan masalah kemiskinan yang terus melilit sejak jaman kolonial hingga dewasa ini

Keadaan masyarakat Flores yang masih banyak hidup dalam kemiskinan, namun bisa kita rasakan bahwa orang Flores sangat toleran dengan perbedaan-perbedaan yang ada di dalam masyarakatnya.  Secara lugas dapat dikatakan bahwa masyarakat Flores yang terdiri dari banyak etnis dan bahasa, serta kebudayaannya, biasanya rentan dengan terjadinya konflik-konflik sosial, pada kenyataannya sangat memegang teguh prinsip Bhinekka Tunggal Ika, Berbeda-beda tapi tetap satu, juga sangat cinta dengan ke-Indonesiaannya.

Namun,  di tengah Paradoks inilah, Flores  harus mampu mengelola semua kekurangan dan potensi yang ada agar bisa bangkit dan memosisikan diri secara sejajar dengan daerah lain Indonesia. Tantangan dan masalah yang ada di Flores semestinya bisa diubah menjadi peluang bila dibarengi dengan partisipasi banyak pihak.

Melalui majalah online FloresBangkit.com kami berharap realitas sosial dan budaya di kepulauan Flores menjadi mudah untuk diketahui oleh siapa pun yang membutuhkan.  Misi FloresBangkit.com adalah menyebarkan dan bertukar  informasi dalam bidang sosial, pendidikan, dan kebudayaan, oleh dan untuk masyarakat Flores secara keseluruhan sebagai subjek pemberdayaan.

FloresBangkit.com  merupakan  sarana distribusi informasi yang bisa dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat Flores. Majalah “on-line” ini juga akan selalu berusaha menjangkau seluas mungkin komponen masyarakat, baik perseorangan maupun institusi, untuk terlibat dalam proses pemberdayaan masyarakat Flores.

Kami berharap dengan adanya FloresBangkit.com, semakin banyak orang Flores yang mencintai Flores, demikian juga dari sekian contoh yang baik di sana, bisa diperbincangkan dan menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia bahkan dunia.

 

FLORESBANGKIT.COM

Editor : Tony FJ, Benjamin Tukan, Donny Iswandono, Eko Pudjiachirusanto

Koresponden:

Beny Kasman, Ebed de Rosary (Maumere), Bonne Pukan (Kupang), Guche Montero (Nagekeo), Hirodimus Dale (Borong), Ilmartes Kira (Maumere), Kornelis Rahalaka (Labuan Bajo) , Lukas Narek (Lewoleba), Nando Watu (Ende), Sidus Madi (Ruteng), Baran Melky (Larantuka), Yogi Making (Lembata), Yos Koli (Bajawa), Bernadus Kopong Gana (Adonara).

Web Designer: Hudi Estu

Email Address: info@FloresBangkit.com


 

 

—o0Ω0o—