Tentang Kami

image-about-us-690SEPERTI wilayah lain di Indonesia Timur, Flores adalah sebuah paradoks. Wilayah yang kaya seni budaya, manusia yang bersahabat, keindahan dan kekayaan alam yang melimpah, pada kenyataannya selalu disandingkan dengan masalah kemiskinan yang terus melilit sejak zaman kolonial hingga dewasa ini.

Di satu sisi masyarakat Flores masih berkubang dalam kemiskinan dan keterbelakangan karena minimnya infrastruktur dasar, di sisi lain mereka sangat terbuka dan toleran terhadap ragam perbedaan. Sudah ratusan tahun mereka mengelola perbedaan karena posisi geografisnya memungkinkan untuk berinteraksi dengan kebudayaan luar, taruhlah: India, Portugis, Belanda, Bugis, Bajo, Minangkabau, Jawa, dan Maluku, yang memungkinkan Flores menjadi semacam laboratorium kehidupan multikultur di Nusantara ini.

Secara lugas dapat dikatakan bahwa masyarakat Flores yang terdiri dari banyak sub-etnis dan bahasa serta ekspresi kebudayaannya, biasanya rentan dengan konflik sosial. Pada kenyataannya mereka sangat memegang teguh prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Tidak mengherankan kalau Bung Karno merumuskan Dasar Negara Pancasila pada tahun 1930-an ketika dalam pengasingan di Ende, jantung pulau berjuluk Nusa Bunga ini.

Di tengah paradoks dan kejayaan masa silam, masyarakat Flores  harus mampu mengelola semua kekurangan dan potensi yang ada, agar bisa bangkit dan memosisikan diri secara sejajar dengan daerah lain di Indonesia. Tantangan dan masalah yang ada di Flores semestinya bisa diubah menjadi peluang bila dibarengi dengan partisipasi semua pemangku kepentingan.

Melalui majalah daring (online) www.floresbangkit.com, kami berharap realitas sosial dan budaya Kepulauan Flores menjadi mudah diketahui dan dipahami oleh siapa pun, sehingga pelabelan maupun stereotype tentang Flores perlahan terkikis. Misi kami adalah menyebarkan dan bertukar  informasi ihwal Flores dalam bidang sosial, pendidikan, dan kebudayaan. Dalam mengemban misi ini tentu masyarakat Flores sebagai subjek pemberdayaan.

Kami berharap dengan adanya media ini, semakin banyak orang Flores yang mencintai Flores. Begitu banyak inspirasi dan contoh kebaikan di sana, yang bisa diperbincangkan masyarakat Indonesia bahkan dunia. Salam ***


 

FLORESBANGKIT.COM

Editor: Tony FJ, Benjamin Tukan, Donny Iswandono, EC. Pudjiachirusanto

Editor Foto: Karolus Naga

Koordinator Liputan: Bonne Pukan (Kupang)

Koresponden:

Beny Kasman, Ebed de Rosary, Ilmartes Kira (Maumere), Guche Montero (Nagekeo), Hironimus Dale (Borong), Kornelius Rahalaka (Labuan Bajo), Lukas Narek (Lewoleba), Nando Watu (Ende), Sidus Madi (Ruteng), Baran Melky (Larantuka), Yogi Making (Lembata), Yos Koli (Bajawa), Ian Bala (Ende).

Web Designer: Hudi Estu

Email Address: info@FloresBangkit.com