Quantcast

Marianus Laka, SH : Kasus Herman Jumat Disikapi Sesuai Aturan Hukum

 

MAUMERE, FBC- Herman Jumat Masan, terdakwa kasus pembunuhan terhadap Yosephine Kerodok Payong ( Mery Grace ) serta dua anak laki – laki  hasil hubungannya dengan korban divonis hukuman seumur hidup oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Maumere dalam sidang yang digelar Senin (19/08/2013 ).

Marianus Laka,SH, Salah satu dari 7 pengacara Kasus Herman Jumat

Sidang dengan Nomor Perkara 62/PID B /2013/PN/MMR dan berlangsung sejak Juli 2013 menarik perhatian banyak pihak karena status terdakwa yang mantan rohaniwan. Sebelumnya, jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Maumere menuntut terdakwa dengan hukuman mati.

Marianus Laka,SH,  salah satu dari 7 penasehat hukum terdakwa yang ditemui floresbangkit.com  di Pengadilan Negeri Maumere, Selasa pagi (20/08/2013) mengakui kasus ini sungguh mendapat perhatian masyarakat. ”Status terdakwa yang mantan pastor membuat kasus ini menjadi perhatian banyak pihak “ ujar Marianus.

Menurut Marianus, karena ini merupakan perkara besar, team pengacara mempunyai tanggung jawab moril dan jabatan, jadi disikapi sesuai aturan hukum.Marianus mengatakan, sejak awal penyidikan,  kuasa hukum terdakwa sudah bertemu dengan keluarga korban.” Saya sejak awal penyidikan sudah bertemu dan bangun komunikasi dengan keluarga korban dan Pater Piter Payong,SVD “ kata Marianus.

Ketika ditanyai mengenai sikap terdakwa terhadap vonis yang diberikan, Marianus menyebutkan bahwa tahap pertama sudah diselesaikan dan pertanggungjawaban sudah dijalani. ”Setelah persidangan usai terdakwa merasa plong karena semua proses hukum sudah dijalani “ sebut Marianus.

Terdakwa juga meminta maaf kepada keluarga korban, gereja dan masyarakat, merasa bersalah dan menerima putusan yang dijatuhkan hakim terhadapnya.

Upaya hukum yang akan dilakukan selanjutnya, menurut Marianus masih menunggu konsultasi dengan keluarga terdakwa dan terdakwa sendiri. Salinan amar putusan juga belum diterima. “Dalam dua hari ini, terdakwa juga masih pikir – pikir dulu,” ujar Marianus.  

Dikatakannya, dari putusan pengadilan akan dianalisa secara baik termasuk berkonsultasi dengan Herman Jumat, baru memutuskan untuk menempuh langkah selanjutnya. ( Ebed )





You must be logged in to post a comment Login