Quantcast

Jelang Pilkada Manggarai Timur

Empat Paket Bakal Calon Siap Maju

Kantor KPUD Manggarai Timur (Foto : FBC/Hironimus Dale)

BORONG, FBC-Empat paket bakal calon  bupati dan wakil bupati Manggarai Timur (Matim) siap maju  di kanca pemilihan kepala daerah (pilkada), 5 Agustus 2013 mendatang.  Keempat paket bakal calon tersebut diantaranya adalah paket Wintas (Wili Nurdin-Tarsi Sjukur), Paket Yoga jilid 2 (Yoseph Tote-Andreas Agas), Paket Bravo (Yos Byron Aur-David Sutarto),dan Paket Setia (Sensi Gatas-Yos Jelahut). Keempat paket ini sudah mendaftar di KPUD Matim untuk selanjutnya akan mengikuti tahapan verifikasi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Matim mengatakan hal itu kepada FBC, Rabu (5/6). Menurutnya, keempat paket tersebut kini sudah sudah mendaftarkan diri di KPUD Matim. Dua paket yakni  paket Wintas dan Yoga diusung dari partai politik. Sedangkan Bravo dan Setia  dari independen atau perseorangan.

Dikatakannya Paket Wintas diusung oleh gabungan parpol PDIP, Partai Hanura, PKS, dan PKB dengan 7 kursi parlemen. Sementara Yoga diusung oleh Partai Golkar, PMB, Partai Demokrat, PKPI, dan PKPB dengan 13 kursi parlemen. Paket Setia dan Bravo belum memenuhi syarat mencapai 13.157  KTP pendukung dari hasil verifikasi KPUD Matim.

“Memang KTP yang diantar paket tersebut kali lalu melebihi dari target tapi banyak terjadi tumpang tindih pendukung dimana ada KTP pendukung yang sekaligus mendukung dua paket tesebut,” katanya.

Dia menjelaskan, verifikasi dari kedua bakal calon adalah pemeriksaan surat pernyataan memberikan dukungan kepada bakal calon yang ada tanda tangan dan cap jempol, mencocokan daftar nama pendukung dengan lampiran berupa KTP, tanda tangan bakal calon diatas materai,dan jumlah dukungan paling sedikit 13.157 dengan wilayah sebaran kurang lebih 5 Kecamatan di Matim.

Pihak KPUD Matim, lanjut dia,  masih memberikan waktu kepada kedua paket untuk memperbaiki data dukunganya hingga 9 Juni 2013 untuk memenuhi standar pasangan calon bupati dan wakil bupati Matim paket perseorangan  yang mencapai standar.

Secara terpisah, Sensi Gatas, bakal calon bupati dari Paket Setia kepada FBC Rabu (5/6), menurutkan kesiapan untuk memenuhi persyaratan KPUD bila persyaratan yang ada dinilai belum lengkap. (Hironimus Dale)





You must be logged in to post a comment Login