Jelang Pilkada Manggarai Timur

Tiga Partai Usung Wintas

KUPANG-FBC- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dari tiga partai politik yakni PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menetapkan Wilbrodus Nudin dan Tasisius Sjukur dengan sandi politiknya Wintas sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Manggarai Timur (Matim). Dengan dukungan dimaksud, maka Wintas sudah memenuhi syarat minimal untuk mendaftar di KPU dengan mengantongilimakursi keterwakilan di DPRD Matim.

Nelson: Koalisi tiga Parpol dukung Wintas (Foto : FBC: Bonne Pukan)

Sekretaris DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) NTT, Nelson Matara yang dihubungi di Kupang, Senin (6/5) pagi menjelaskan, Wintas telah direstui tiga Parpol itu  untuk maju  dalam pilkada  Kabupaten Manggarai Timur.

Dukungan DPP PDI Perjuangan tertuang dalam SK nomor 3722/IN/DPP/V/2013 tanggal 3 Mei 2013. SK tersebut ditandatangani Ketua dan Sekretaris DPP PDI Perjuangan, Andreas Hugo Parera dan Tjahjo Kumolo. Dukungan dari DPP PKB tertuang dalam Surat Keputusan (SK nomor 13242/DPP-03/V/A.1/V/2013 tertanggal 29 April 2013. SK tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPP PKB, H. A. Muhaimin Iskandar dan H. Imam Nahrawi.

Sementara itu, dukungan DPP Partai Hanura tertuang dalam SK nomor SKEP/B/668/DPP- Hanura/V/2013 tertanggal 3 Mei 2013. SK tersebut ditandatangani Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Hanura, Wiranto dan Dossy Iskandar.

SK dari tiga partai politik pengusung pasangan Wintas itu pada prinsipnya sama yakni mewajibkan Ketua dan Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai di Manggarai Timur untuk mendaftarkan paket Wintas ke KPU setempat sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati. Menginstruksikan jajaran pengurus masing- masing partai untuk mengoptimalkan kekuatan partai demi keberhasilan dan kemenangan pasangat Wintas sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Manggarai Timur periode 2013- 2018.

Sementara, bakal calon bupati pasangan Wilbrodus Nudin yang dihubungi terpisah menjelaskan, sesuai ketentuan bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati yang maju menggunakan kendaraan partai politik, minimal memilikilimakursi di DPRD Manggarai Timur. Untuk syarat ini sudah dipenuhi pasangan Wintas, karena telah mengantongi lima kursi, dimana tiga kursi dari PDI Perjuangan serta PKB dan Hanura masing- masing satu kursi.

“Dengan memiliki syarat minimal lima kursi ini, kami siap mendaftar ke KPU Manggarai Timur sebagai peserta pemilu bupati dan wakil bupati. Tentunya kami juga melengkapi syarat lain yang diatur dalam aturan yang berlaku,” kata Wili.

Tentang masih ada kemungkinan partai lain yang akan dibangun koalisi, Wili akui sudah dilakukan pendekatan dengan partai koalisi lain. Bila tidak ada aral merintang, partai yang telah dibangun komunikasi itu juga mengusung paket Wintas untuk menjadi calon bupati dan wakil bupati Manggarai Timur. Dukungan itu akan disampaikan ke publik  jika sudah ada SK dukungan seperti tiga partai  lainnya yakni PDI Perjuangan, PKB, dan Hanura.

Pada kesempatan itu Willi yang juga salah satu Wakil Ketua DPRD Manggarai Timur ini meminta dukungan semua komponen masyarakat daerah itu untuk mendukung paket Wintas pada pemilu bupati dan wakil bupati Manggarai Timur periodelimatahun ke depan. Dukungan yang diberikan sangat menentukan kemenangan paket Wintas pada pemungutan suara yang dijadwalkan akan berlangsung pada 5 Agustus 2013 mendatang.

“Kami memohon kepada semua warga Manggarai Timur terutama mereka yang punya hak memilih agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pemungutan suara dan memberikan suaranya secara benar pada tanda gambar atau nomor yang tertera paket Wintas,” harap Wili. (Oni)

One Response to Tiga Partai Usung Wintas

You must be logged in to post a comment Login