Jelang Pilkada Manggarai Timur

Ribuan Pendukung Antar Paket Wintas Daftar Ke KPUD Manggarai Timur

Bakal calon bupati Wilibrordus Nurdin dan bakal calon wakil bupati Tarsisius Syukur saat tiba di Kantor KPUD Manggarai Timur (Foto : FBC/Kornelius Rahalaka)

BORONG, FBC-Ribuan warga pendukung dan simpatisan pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Timur, Wilibrordus Nurdin dan  Tarsisius Syukur atau yang dikenal dengan paket Wintas, Senin (27/5) berbondong-bondong ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat untuk mendaftarkan paket tersebut  sebagai salah satu peserta pemilukada awal Agustus mendatang.

Massa yang datang dari berbagai pelosok Manggarai Timur itu bergerak dari Sekretariat DPC PDI Perjuangan di komplek Kampung Bugis menuju Kantor KPUD yang terletak di Golo Lada, sekitar dua kilometer arah utara kota Borong.

Pasangan calon Bupati Wilibrordus Nurdin dan calon Wakil Bupati Tarsisius  Syukur atau paket Wintas merupakan paket calon pertama yang mendaftarkan diri ke KPUD setempat dalam rangka ikut sebagai salah satu peserta Pilkada Kabupaten Manggarai Timur periode 2013-2018.

Pantauan FBC, ratusan kendaraan baik roda dua maupun enam bergerak perlahan melewati sejumlah ruas jalan dalam kota Borong. Dengan mengenakan baju kemeja putih lengan panjang dipadu celana levis dan topi re’a khas Manggarai, kedua calon diarak ribuan massa pendukung dan simpatisan.

Rombongan paket Wintas diterima oleh para pimpinan KPUD di depan pintu Aula KPUD diawali dengan acara adat Manggarai, kepok manuk yang dibawakan langsung oleh Calon Bupati Wilibrordus Nurdin.

Dalam sambutannya, Calon Bupati Willy Nurdin menyampaikan terima kasih kepada para pimpinan KPUD yang telah bersedia menerima kedatangan mereka dan menjelaskan tujuan kedatangan  yakni untuk mendaftarkan diri sebagai salah satu paket calon peserta Pilkada Manggarai Timur.

”Kami berdua datang untuk mendaftarkan diri sebagai salah satu pasangan calon yang diusung oleh koalisi partai politik untuk ikut dalam Pilkada Manggarai Timur periode 2013-2018. Kami mohon agar para pimpinan KPUD berkenan menerima kedatangan kami,” ujarnya.

Usai mendaftarkan diri yang berlangsung sekitar dua jam, ribuan massa pendukung dan simpatisan kemudian melakukan arak-arakan keliling kota.Massa pendukung paket Wintas kemudian mengadakan acara ramah tamah di Aula Vikep Borong di komplek Golo Lada.

Dihadapan ribuan pendukung dan simpatisan, Calon Bupati Willy Nurdin menyatakan bahwa ia bersama calon Wakil Bupati Tarsi Syukur bersedia maju dalam Pilkada Manggarai Timur karena terdorong oleh sebuah obsesi untuk membangun Manggarai Timur ke arah yang lebih baik ke depan.

Dikatakan, sejak dimekarkan menjadi sebuah daerah otonom, pembangunan di wilayah ini berjalan lamban dan masih banyak persoalan yang harus segera diselesaikan.

“Sejak dimekarkan menjadi Kabupaten otonom, kami melihat masih banyak persoalan yang harus segera dibenahi atau dibangun demi mempercepat kesejahteraan masyarakat. Seperti pembangunan infrastruktur, air minum bersih, jalan dan jembatan, penataankotaBorong dan banyak lagi pelayanan dasar masyarakat yang harus segera ditangani dengan cepat, tepat dan berhasil guna bagi masyarakat banyak,”tandas Ketua DPC PDI Perjuangan Manggarai Timur ini.

Ia mengatakan, paket Wintas didukung oleh koalisi partai yakni Partai PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Hanura dan Partai PKS. Partai-partai pendukung sepakat memberikan dukungan kepada paket Wintas karena semua partai yang berkoalisi memiliki visi, misi dan tujuan yang sama yakni mempercepat pembangunan di wilayah ini dengan mengedepankan nilai-nilai keadilan, kemanusiaan dan kesetaraan.

Manggarai Timur, kata dia, membutuhkan pemimpin yang berani melakukan terobosan-terobosan dan menciptakan inovasi-inovasi baru demi dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat di wilayah ini.

Ia menyatakan, Manggarai Timur memiliki sumber daya alam yang berlimpah didukung oleh sumber daya manusia yang baik namun, potensi-potensi ini belum dikelola atau digunakan secara maksimal.

Karena itu, ia mengajak para pendukung dan simpatisan untuk memilih paket Wintas pada Pilkada mendatang. Ia menyatakan optimis Manggarai Timur akan mengalami perubahan pesat jika memilih pemimpin yang tepat pula yakni pemimpin yang punya komitmen tinggi dalam membangun daerah ini.

Paket Wintas sebut dia siap memimpin daerah ini jika dipercaya oleh masyarakat Manggarai Timur. Bila terpilih,  paket Wintas berjanji akan membangun Manggarai Timur secara lebih baik bermartabat yakni mengedepankan keberpihakan pada masyarakat terutama memenuhi kebutuhna dasar masyarakat seperti air minum bersih, jalan, kesehatan pendidikan dan lain-lain.

Ia juga mengatakan, paket Wintas merupakan pasangan yang ideal karena merupakan perpaduan antara politisi dan aktivis LSM. “Pak Tarsi, seorang aktivis LSM yang telah banyak berbuat untuk wilayah ini. Banyak  pembangunan yang sudah ia lakukan seperti pembangunan sekolah, rumah sakit, air minum bersih, jalan dan jembatan. Dan banyak masyarakat telah menikmati buah karyanya bukan hanya di Manggarai Timur tetapi di Manggarai Barat dan Ngada. Ia juga memiliki jaringan yang luas tidak hanya di tingkat nasional tetapi di dunia internasional. Karena itu, saya yakin paket Wintas pasti bisa,” tukasnya.

Sementara itu, Mus Wanggut pengamat politik yang juga aktivis sosial menilai, paket Wintas memiliki sejumlah keunggulan yang patut didukung untuk menjadi pemimpin Manggarai Timur. Paket Wintas adalah politisi dan aktivis yang sudah cukup berpengalaman dalam bidang pemerintahan dan kemasyarakatan.

Calon Bupati, Willy Nurdin misalnya merupakan politisi yang sudah berpengalaman karena menjabat selama 3 periode di lembaga Dewan sehingga diyakini ia memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai terkait seluk beluk dunia pemerintahan dan birokrasi.

Sementara itu, calon Wakil Bupati Tarsi Syukur, lanjut Wanggut, selain politisi yang kini  sebagai salah satu anggota DPRD, ia juga adalah seorang aktivis LSM yang telah banyak membangun untuk masyarakat.

”Saya nilai, kedua figur cukup ideal untuk memimpin wilayah ini. Mereka memiliki kapasitas dan integritas untuk menjalankan roda kepemimpinan dan pembangunan di wilayah ini. Namun, semua ini tentu sangat tergantung pada rakyat atau pemilih untuk menilainya dan menentukan pilihan mereka kelak,”ujarnya. (Kornelius Rahalaka)

6 Responses to Ribuan Pendukung Antar Paket Wintas Daftar Ke KPUD Manggarai Timur

You must be logged in to post a comment Login