Quantcast

Sail Komodo

Pantai Pede Ditetapkan Sebagai Lokasi Puncak Acara

Pantai Pede ditetapkan sebagai lokasi acara puncak Sail Komodo 2013 (Foto : FBC/ Kornelius Rahalaka)

LABUAN BAJO, FBC- Obyek wisata alam Pantai Pede yang terletak di Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo dalam bilangan kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, akhirnya ditetapkan sebagai lokasi puncak acara kegiatan Sail Komodo 2013.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Mekokesra) RI, Agung Laksono menyatakan hal itu ketika memimpin rapat koordinasi lintas panitia nasional, propinsi dan kabupaten bersama elemen masyarakat terkait lainnya di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Sabtu (11/5).

Penetapan Pantai Pede sebagai lokasi diadakannya Sail Komodo 2013 disambut baik oleh peserta rakor. Pasalnya, sampai kini pemerintah belum memastikan tempat untuk pelaksanaan acara puncak Sail Komodo 2013. Dengan ditetapkannya Pantai Pede sebagai area dilaksanakannya puncak acara Sail Komodo maka pertanyaan seputar lokasi yang cocok untuk pelaksaan puncak Sail sudah terjawab.

Untuk diketahui, Sebelumnya pemerintah pusat telah melakukan serangkaian kegiatan survey ke beberapa lokasi dan merekomendasikan dua lokasi sebagai tempat acara puncak Sail Komodo 2013 yakni masing-masing, lokasi Kampung Tengah dan Pantai Pede. Kedua lokasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kampung Tengah misalnya dinilai cukup strategis karena terletak di sekitar pemukiman penduduk dan dekat dengan pelabuhan laut. Namun lokasi tersebut terlampau sempit dan akses masyarakat ke lokasi tersebut cukup sulit. Sedangkan lokasi Pantai Pede selain agak jauh dari pemukiman penduduk, lokasi tersebut merupakan azet pemerintah propinsi NTT yang telah diserahkan hak pengelolaan kepada pihak ketiga.

Menkokesra Agung Laksono menyatakan, ditetapkannya Pantai Pede sebagai lokasi pelaksaaan puncak acara Sail Komodo setelah pihaknya berkomunikasi dengan pihak ketiga.

“Saya baru mendapat informasi dari pengelola. Mereka tidak berkeberatan jika Pantai Pede dijadikan sebagai lokasi kegiatan puncak acara Sail. Karena itu, untuk lokasi sudah tak ada masalah,” ujarnya.

Namun demikian ia menyatakan, seluruh pembangunan yang telah dirancang untuk pembangunan di lokasi Kampung Tengah tetap terus dilaksanakan sesuai dengan agenda dan program kegiatan seperti pembangunan darinase, bedah kampung, pemberdayaan masyarakat, pembangunan MCK, pembangunan jalan setapak dan lain-lain.

Ia meminta agar semua program kegiatan pembangunan yang sudah dirancang tetap dilaksanakan karena hanya lokasi pada puncak acara sail yang digeser ke Pantai Pede. Ia juga menyatakan, pada puncak acara, Presiden akan dijadwalkan untuk tetap melakukan kegiatan di Kampung Tengah yakni untuk melakukan peresmian terhadap beberapa program yang dibangun di lokasi tersebut.

Selama ini lokasi Pantai Pede merupakan salah satu obyek wisata menarik dan telah menjadi ruang publik, tempat warga masyarakat berekreasi. Selain memilik area yang luas, akses ke lokasi Pantai Pede cukup mudah dan dari aspek keamanan cukup terjamin.

”Lokasi Pantai Pede lebih strategis dan dari sisi aspek keamanannya juga lebih terjamin dibandingkan di Kampung Tengah,” ujar  Dedy H.Sutisna, Sekretaris Dewan Kelautan RI. Meskipun sudah ada kepastian soal lokasi acara puncak kegiatan Sail Komodo 2013 namun untuk pembangunan pelataran dan panggung kehormatan masih akan dibahas lebih lanjut beberapa hari ke depan. (Kornelius Rahalaka)





You must be logged in to post a comment Login