Quantcast

PERHITUNGAN SEMENTARA PILGUB NTT PUTARAN KEDUA

Jumat Pagi, Frenly Masih Unggul

KUPANG. FBC- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (24/5) pukul 10.00 wita kembali merilis hasil penghitungan perolehan suara sementara Pemilihan Gubernur NTT putaran kedua. Dari total suara yang masuk ke KPU NTT sebesar 702.795, pasangan Frenly (Frans Lebu Raya-Benny Litelnony) masih unggul dengan perolehan suara 355.304 sedangkan pasangan Esthon-Paul (Esthon Foenay-Paul Edmundu Tallo) memperoleh 347.491 suara.

Ketua KPU NTT, John Depa

Pengumuman KPU yang dirilis hari ini pukul 10.00 wita, dari 21 Kabupaten/Kota di NTT data yang baru masuk ke KPU sebanyak 16 Kabupaten/Kota sedangkan lima kabupaten belum masuk.Lima kabupaten yang datanya belum masuk ke KP adalah Timor Tengah Utara, Lembata, Manggarai, Manggarai Timur dan Sabu Raijua.

Dari data yang ada, Frenly menang di Kabupaten Belu, Flotim, Sikka, Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Barat dan Sumba Barat Daya, Sedangkan Esthon unggul di Kota Kupang, kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Alor, Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Rote Ndao.

Ketua KPU NTT, Jhon Depa kepada wartawan mengatakan, perolehan suara sementara itu berasal dari 16 dari 21 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur, sedangkan lima kabupaten lainnya belum mengirimkan datanya ke KPU NTT.

Lima kabupaten itu masing-masing Timor Tengah Utara, Lembata, Manggarai, Manggarai Timur dan Sabu Raijua.

“Data yang dipublikasi KPU ini berasal dari kecamatan di wilayah perkotaan di 16 kabupaten,” kata Jhon.

Ia mengatakan publikasi data perolehan suara sementara tersebut dibenarkan oleh regulasi KPU serta sudah disetujui oleh dua pasangan calon kepala daerah tersebut pada 8 Mei lalu. “Data perolehan suara semenatra ini diterima KPU lewatsuratelektronik (e-mail) dan faksimili,” katanya.

Menurut Jhon, publikasi perolehan suara sementara akan dilakukan hanya dua hari mulai Kemarin, Kamis (23/5) dan akan berakhir  hari ini, Jumat (24/5) pukul 16.00 wita.

John menjelaskan, sesuai jadwal, rekapitulasi suara di KPU NTT akan dilakukan antara 30 Mei-1 Juni 2013. Sedangkan rekapitulasi suara tingkat kecamatan pada 25-27 Mei dan rekapituasi suara tingkat kabupaten 27-19 Mei.

Dia menambahkan, daftar pemilih tetap dalam ajang politiklimatahun di provinsi kepulauan itu, berjumlah 3.027.283 orang. (Oni)





You must be logged in to post a comment Login