Quantcast

Dicairkan, Dana Beasiswa Miskin untuk SD dan SMP

Tampak Anak-anak SDK Poka Kecamatan Wae Ri’i dan SDK Taga Kecamatan Langke Rmbong sedang mengantri untuk menerima dana BSM yang dibagi petugas di Kantor Pos Cabang Ruteng, Jumat (24/5). (Foto/FBC/Sidus Madi)

RUTENG,FBC-Dana beasiswa miskin (BSM) bagi 10.302 anak SD dan 1.865 anak SMP di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur mulai dicairkan di Kantor Pos Ruteng. Total dana BSM tahun 2013 yaitu SD   Rp.3.284.280.000 dan SMP Rp. 903.100.000.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Pos Cabang Ruteng, Alfonso Da Costa, kepada Floresbangkit.com di Kantornya, Jumat (24/5).

Dijelaskannya, dana BSM yang dicairkan itu diperuntukan bagi anak SD kelas 2 hingga kelas 6. Namun jumlahnya bervariasi bagi anak-anak kelas 2-5 yakni Rp.360.000 per-anak per tahun. Sedangkan untuk anak-anak kelas 6 hanya menerima untuk setengah semester saja yaitu Rp.180.000 per anak.

“Kita baru cair untuk tiga sekolah di Kecamatan Langke Rembong yakni SDK Taga, SDK Ruteng VI dan SDI Konggang. Sementara untuk Kecamatan Wae Ri’i yakni SDK Poka,”katanya.

Masih menurut Alfonso, selain Kantor Pos mencairkan BSM untuk SD juga BSM untuk SPM. Total anak SMP yang menerima BSM di Kabupaten Manggarai berjumlah 1.865 orang dengan total dana Rp. 903.100.000. Besarnya dana yang diterima juga bervariasi yaitu untuk anak SMP kelas 9 hanya menerima setengah semester Rp. 275.000 per orang.

Sedangkan untuk anak SMP kelas 7 dan 8 Rp. 550.000 per orang per tahun. Sekolah-sekolah di Kecamatan Langke Rembong yang sudah dicairkan adalah SMPK  St.Fransiskus, SMPN I, SMPN II, SMPN III, SMPN IV, SMPK Karya dan SMPK Widya Bhakti.

Kepala kantor Pos Cabang Ruteng, Alfonso Da Costa (Foto/FBC/Sidus Madi)

Sistem pembayaran BSM ini, kata dia, dilakukan diberberapa tempat, yaitu untuk Kecamatan Langke Rembong, Wae Ri’i, Satar Mese dan Satar Mese Barat pembayarannya di Kantor Pos Cabang Ruteng. Sedangkan untuk Kecamatan Cibal dan Cibal Barat di Kantor Pos Pagal. Lalu, Kecamatan Ruteng, Lelak dan Rahong Utara di Kantor Pos Cancar serta untuk Kecamatan Reok dan Reok Barat di Kantor Pos Reo.

“Kita akan secepatnya mencairkan dana BSM tersebut kepada anak-anak sekolah yang berhak menerimanya,”katanya. Salah seorang penerima BSM, Yunita Idus, siswi kelas 6 asal SDK Poka, Kecamatan Wae Ri’i mengaku senang menerima uang Rp. 180.000 tersebut.

“Saya senang menerima uang BSM ini. Nanti uang ini saya gunakan membeli  pakaian seragam SMP,”ucapnya dengan nada senang. Pantauan Floresbangkit.com di Kantor Pos Cabang Ruteng, tampak ratusan anak SD mengantri untuk mendapatkan dana BSM tersebut.(Sidus Madi)





You must be logged in to post a comment Login