Quantcast

Sail Komodo Tak Ada Untungnya Bagi Masyarakat Manggarai

 

RUTENG,FBC-Pelaksanaan Sail Komodo 2013 dinilai tidak memberikan keuntungan bagi masyarakat di Kabupaten Manggarai karena peserta sail komodo tersebut tidak menyinggahi daerah ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai, Vens Sene menjawab FBC di Ruteng, Rabu (17/4), terkait sejauhmana persiapan pemerintah Manggarai dalam rangka pelaksanaan sail komodo September mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai, Vens Sene ( Foto/FBC/Sidus Madi)

Ia menjelaskan, setelah menyimak buku panduan informasi tentang pelaksanaan Sail Komodo 2013 disitu tidak ada agenda peserta sail komodo menyinggahi Kabupaten Manggarai. “Ini berarti secara langsung Sail Komodo tidak memberikan keuntungan bagi masyarakat Manggarai. Artinya, dengan tidak menyinggahi Manggarai maka tidak dampak langsung bagi hotel, restoran, pedagang sovenir, dan obyek wisata yang ada di Manggarai,”terang Sene.

Meski demikian, lanjut Sene, pemerintah tetap mendukung kegiatan Sail Komodo ini dengan berpartisipasi pada hari puncak yang akan dilaksanakan di Labuan Bajo. Misalnya, mengikuti pameran, atraksi budaya dan kegiatan lainnya.

Panitia Sail Komodo tingkat Kabupaten Manggarai sudah dibentuk, hanya saja kalau tidak ada agenda peserta sail komodo menyinggahi Manggarai, maka tentu panitia ini belum bisa melakukan kegiatan yang berkaitan dengan penerimaan peserta sail komodo tersebut.

“Kita berterima kasih atas perhatian pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan anggaran guna penataan obyek wisata dan infrastruktur lainnya  Manggarai. Tetapi alangkah baiknya obyek-obyek wisata yang ada di daerah ini bisa dinikmati  oleh peserta sail komodo bila saja Manggarai masuk dalam agenda singgah bagi peserta sail komodo. Tetapi setelah kita menyimak buku panduan informasi sail komodo ternyata Manggarai tidak terdaftar sebagai salah satu kabupaten yang disinggahi oleh peserta sail komodo,”kata Sene.

Menurut dia, bahwa mungkin ada pertimbangan lain oleh panita sehingga Manggarai tidak masuk dalam agenda tujuan yang disinggahi peserta Sail Komodo. Yang diharapkan dari Sail Komodo ini adalah para peserta sail bisa singgah dan melihat sejumlah obyek yang menarik di daerah ini, seperti Waerebo, Todo, Liang Bua, Sawah Lodok Cara, dan wisata rohani gua Maria di Golo Curu. Sehingga memberikan keuntungan bagi masyarakat di Manggarai.

“Kalau peserta Sail Komodo tidak menyinggahi Manggarai, maka saya rasa tidak memberikan keuntungan bagi Manggarai,”ucapnya.

Sementara itu, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dalam beberapa kesempata kunjungannya baik di Manggarai maupun di Manggarai Barat. Meminta pemerintah daerah kabupaten di NTT agar menyambut peluang Sail Komodo ini dengan baik.

Sail komodo, menurut Gubernur Frans adalah moment  yang tetap untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di daerah.(Dus)





You must be logged in to post a comment Login