Quantcast

PAW Menanti 12 Anggota DPRD Manggarai

 

RUTENG,FBC-Sebanyak 12 anggota DPRD Manggarai menanti pergantian antarwaktu (PAW). Pasalnya, ke 12 anggota DPRD itu berasal dari partai yang tidak lolos verifikasi untuk mengikuti pemilihan legislatif 2014 mendatang.

Ketua DPRD Manggarai, Yosep Bom (Foto/Istimewa)

Ketua DPRD Manggarai, Yosep Bom, kepada Floresbangkit.com, Selasa (23/4), mengatakan, ada 12 anggota DPRD yang kemungkinan di  PAW. Namun, sampai saat ini surat pengunduran dari 11 anggota DPRD lainnya belum masuk ke meja pimpinan. Kecuali, ada satu orang anggota DPRD yang secara resmi mengajukan surat pengunduran diri murni sebagai anggota DPRD, dan sudah diproses ke gubernur melalui bupati.

Ke 12 anggota DPRD yang mengajukan surat pengunduran diri itu, kata dia, adalah anggota DPRD yang berasal dari Parpol yang tidak lolos verifikasi mengikuti Pileg 2014 mendatang. Dan, jika mereka ingin maju lagi menjadi calon DPRD 2014 melalui Parpol yang berbeda, maka mereka harus mengajukan surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD Manggarai yang dilampirkan surat pengunduran diri dari partainya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan (Sekwan), DPRD Manggarai, Marten Jekau, menjelaskan, baru satu orang dari 12 anggota DPRD yang sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD. Dan sudah diproses ke gubernur NTT melalui bupati.

“Kalau SK pemberhentiannya sebagai anggota DPRD sudah turun dari gubernur, maka yang bersangkutan tidak akan mendapat gaji lagi berserta tunjangan lainnya,”kata Marten.

Menanggapi hal ini, salah seorang  anggota DPRD Manggarai, Robert K. Funay, kepada Floresbangkit.com mengatakan, bahwa dirinya belum mengajukan surat pengunduran diri baik sebagai anggota DPRD maupun dari Parpol yang mengusungnya. Pasalnya, DPP Partainya itu, masih melakukan yudisial rewiev ke Mahkamah Konstitusi (MK).

 “Saya harus menghargai proses internal partai. Sebaliknya, saya juga menghargai produk hukum KPU,”katanya.

Ketua KPUD Manggarai, Fransiskus Aci, yang dikonfirmasi  masih terkait  caleg 2014, mengatakan, khusus untuk caleg yang saat ini menjadi anggota DPRD, namun  partainya tidak lolos verifikasi untuk mengikuti pemilihan legislatif 2014. Tetapi apabila masih mau menjadi calon DPRD dari partai yang berbeda, maka calon tersebut harus melampirkan surat pengunduran dari sebagai anggota DPRD dan anggota partai sebelumnya.

“Semua berkas yang diserahkan ini masih bakal caleg sementara.Kita akan melakukan verifikasi berkas-berkas bakal caleg ini, sebelum ditetapkan menjadi caleg tetap untuk Pileg 2014,”terang Frans Aci.(Dus)





You must be logged in to post a comment Login