Kapolda NTT Segera Diganti

KUPANG. FBC- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur (NTT), Brigjen Pol Ricky HP Sitohang segera diganti oleh Kapolda Baru Brigjen Ketut Untung Yoga Ana, yang selama ini bertugas di Mabes Polri di Jakarta. Ricky akan bertugas di Mabes Polri.

Kapolda NTT, Brigjen Pol Ricky HP Sitohang

Kapolda NTT, Ricky HP Sitohang yang dihubungi di Kupang, Jumat (5/4) membenarkan mutasi tersebut. “Benar sekali, saya akan bertugas di Mabes Polri dan pengganti saya adalah pak Ketut Untung Yoga Ana. Saya berharap kalian teman-teman wartawan bisa akrab dengan dia seperti yang selama ini kita jalin bersama,” kata kapolda.

Kapolda mengakui, selama bertugas dua tahun lebih di NTT belum banyak hal yang dilakukannnya, namun dia terus berusaha agar bisa mengubah wajah kepolisian di daerah kepulauan ini.

“Saya belum buat banyak untuk NTT. Namun apa yang saya lakukan selama ini mudah-mudahan bisa berkenan dan dapat dilanjutkan oleh Kapolda baru,” katanya tanpa menyebutkan kapan terjadinya serah terima jabatan (sertijab) Kapolda itu dan kapan dia harus meninggalkan NTT.

Ricky Sitohang, yang pernah menjabat sebagai Kapolres Alor kemudian Direktur Reskrim Polda NTT memang sungguh mengenal NTT dan masyarakat NTT dengan sangat baik.

“Saya ingin berbuat sesuatu untuk NTT. Sebab saya besar menjadi Kapolda karena NTT. Saya harus merubah perilaku anggota dari mental baik dari rohani dan jasmani sehingga dalam pelayanan kepada masyarakat tidak arogan. Polisi harus memberi rasa aman terhadap masyarakat,” kata Ricky Sitohang.

Catatan wartawan di Kupang, Kapolda Ricky  yang dikenal sangat dekat dengan wartawan itu ingin merubah perilaku polisi serta mendekatkan polisi dengan masyarakat NTT sehingga masyarakat selalu bekerjasama dalam pelayanan dan polisi tidak arogan dalam melaksanakan tugasnya.

Walaupun banyak kebijakan yang diambilnya terasa  menyakitkan hati anggota polisi, tetapi itu menjadi tugas dan panggilan dalam bertugas di daerah itu.

Hubungan baik antara Polisi dengan TNI dan masyarakat selama dia bertugas di NTT selalu baik, setiap anggota melakukan pelanggaran pasti ditindak serta memberikan pemahaman yang baik sehingga tidak melakukan kejahatan di daerah itu. Motivasi inilah bisa dilakukan oleh pimpinan yang mau merubah mindset anggota polisi yang bertugas di daerah NTT. (Oni)

You must be logged in to post a comment Login