Quantcast

Gerindra Target 12 Kursi DPRD NTT

KUPANG. FBC-  Partai Gerindra menargetkan untuk merebut 12 kursi dari 65 kursi yang disiapkan untuk DPRD NTT hasil pemilu legislatif 2014. Target dimaksud naik 100 persen dari hasil pemilu 2009 lalu yang mampu menempatkan enam kader di DPRD NTT.

Kasintus P. Ebu Tho: Kita pasti dapat 12 Kursi Pileg tahun depan (Foto: FBC: Bonne Pukan)

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra NTT, Kasintus P. Ebu Tho (Maksi) kepada wartawan di Kupang, Jumat (19/4) mengatakan, delapan daerah pemilihan (dapil) punya potensi untuk menyumbang minimal satu kursi. Sedangkan dapil yang berpotensi meraih lebih dari satu kursi antara lain dapil tiga yang mencakup empat kabupaten di daratan Sumba. Dapil lima yang mencakup Kabupaten Ngada, Nagekeo, Ende dan Sikka.

“Kami yakin target perolehan kursi itu bisa tercapai karena figur dan partai punya nilai jual yang sama di masyarakat,” kata Maksi.

Wakil Ketua DPRD NTT ini menegaskan,  kepercayaan terhadap partai dan kader Gerindra ini sudah dibuktikan pada pemilu gubernur putaran pertama pada 18 Maret 2013 lalu. Kepercayaan itulah yang membuat paket yang diusung Gerindra bisa berlangkah ke putaran kedua pemilu gubernur pada 15 Mei 2013 mendatang. Ini juga menunjukkan bahwa kader partai memiliki nilai jual di mata masyarakat.

“Kita terus memperkuat struktur partai, baik untuk kepentingan pemilu gubernur putaran kedua maupun untuk kepentingan pemilu legislatif 2014 mendatang,” ujar Maksi.

Pada kesempatan itu Maksi mengakui, Gerindra juga mengakomodasi figur partai lain yang baru bergabung di partai lambang burung Rajawali karena partai lamanya tidak lolos sebagai peserta pemilu legislatif 2014. Komposisi dalam daftar yakni 60 persen kader internal yang selama ini membesarkan Gerindra. Sedangkan 40 persen berasal dari figur partai lain yang baru bergabung dengan Gerindra.

Bahkan ada lima orang yang saat ini masih menjabat sebagai anggota DPRD NTT yang partainya tidak masuk sebagai peserta pemilu legislatif 2014 mendatang. Figur yang baru bergabung di Gerindra termasuk lima anggota dewan itu punya reputasi dan nilai jual yang tinggi memperkuat dan meraih kursi untuk DPRD NTT.

“Lima figur anggota DPRD NTT itu sedang dalam proses pengunduran diri sesuai aturan KPU, baik di KPU maupun Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” papar Maksi.

Tentang kuota 30 persen perempuan dalam daftar caleg, Maksi nyatakan, wajib hukumnya dipenuhi. Itu bukan semata melaksanakan aturan tapi merupakan jiwa perjuangan Gerindra dalam memperjuangkan hak- hak politik perempuan. Daftar caleg di semua dapil sudah lengkap termasuk pemenuhan kuota 30 persen perempuan. Jumlah caleg yang didaftarkan di KPU pada setiap dapil sesuai dengan jumlah kursi yang diperebutkan atau 100 persen.

“Kami juga siapkan dua calon cadangan untuk setiap dapil untuk mengantisipasi halangan tetap atau aspek lain yang menggugurkan caleg yang telah didaftar di KPU,” papar Maksi. (Oni)





2 Responses to "Gerindra Target 12 Kursi DPRD NTT"

You must be logged in to post a comment Login