Quantcast

TKI yang Dipulangkan, Empat Orang dari Flores

KUPANG. FBC- Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dipulangkan dari Malaysia sebanyak 76 orang itu, empat diantaranya dari Flores. Demikian keterangan Koordinator Justice, Peace and Integrity of Creation (JPIC) atau  Panitia Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan) SVD (Societas Verbi Divini/ Serikat Sabda Allah) Timor, Pater. Piter Dile Bataaona, SVD.

Kepada floresbangkit.com di Kupang melalui email, pastor asal Lamalera Lembata ini menuliskan, dari 76 orang TKI yang diulangkan itu, empat diantaranya berasal dari Flores. Selain itu, dari 76 orang itu, sebanyak delapan orang yang tergolong anak di bawah umur yakni berusia 17 tahun ke bawah serta tiga diantara mereka adalah laki-laki..

Empat orang dari Flores itu adalah Maria Angelina Nena (27) asal Kelurahan  Mataloko Kecamatan  Golewa Kabupaten Ngada, Yustina ( 23) asal desa  Detosoko, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Maria Wendelina Mu’I  (19) asal desa Soa, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada dan Agnes Mbowa (17) asal desa Wolomosa Kecamatan . Riung kabupaten Ngada.

Sedangkan  delapan orang yang dikategorikan anak dibawah umur masing-masing Ani Amelia Nakoto (16), Wiwin Marlina Siki (16), Nufrianti Mibam (16), Maria Michaela Talan (16), Yuliana Susanti Bere (17), Mijusri Bangu Kahe (15), Agnes Mbowa (17) dan Mijusri Bangu Kahe (15).  Sementara tiga laki-laki itu masing-masing,  Menki (22), Marius (26) dan Paskalis (27).

Pater Piter Dile Bataona menjelaskan,  JPIC SVD  Timor selama ini ikut memantau perkembangan kasus pemulangan TKI illegal dari Malaysia itu, Berbagai cara telah dilakukan untuk ikut berpartisipasi dengan cara tersendiri agar masalah ini bisa diselesaikan dengan baik.

“Kita inginkan proses hukum itu berjalan. Harus tahu betul siapa yang merekrut dan mengirim mereka ke Malaysia. Ini penting agar masalah in bisa selesai. Kami berterima kasih karena Polda NTT yang sedang menangani kasus ini,” katanya.

Untuk diketahui, 76 TKI yang dipulangkan dari Malaysia itu hingga Kamis siang (7/2) sudah tiba di Kupang sebanyak 55 orang. Kedatangan pertama pada Rabu (6/2) sebanyak 33 orang menggunakan jasa penerbangan Sriwijaya Air, Kemudian datang lagi pada Kamis (7/2) pagi sebanyak 22 orang dengan pesawat Lion Air. Sisanya akan datang pada Kamis (7/2) malam.

Semua TKI yang sudah tiba itu langsung dibawah ke Polda NTT untuk diambil keterangannya sebelum dipulangkan ke kampung halaman mereka masing-masing. (Oni)





You must be logged in to post a comment Login