PILGUB NTT

KPU Tetapkan Lima Pasang Cagub dan Cawagub NTT

KPU NTT sedang memberikan keterangan pers tentang pasangan calon yang lolos di Kantor KPU NTT, Kamis (31/1) Foto: FBC: Bonne Pukan

KUPANG. FBC- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT telah menetapkan lima pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur NTT yang akan berkompetisi  dalam ajang pemilihan gubernur NTT, Kamis (31/1). Selanjutnya, akan dilakukan undian nomor urut pada Sabtu, 02 Pebruari 2013 mendatang.

Ketua KPU NTT, John Depa didampingi  empat anggota KPU NTT saat jumpa pers di kantor KPU NTT, menjelaskan KPU telah melakukan serangkaian kegiatan hingga terakhir menggelar pleno pada Kamis (31/1).

Hasil pleno itu menetapkan dari enam pasangan yang mendaftar, hanya lima paket yang memenuhi syarat sehingga dinyatakan lolos menjadi pasangan calon defenitif untuk bertarung dalam pemilihan gubernur NTT tahun ini. Lima paket itu sudah ditetapkan melalui Keputusan KPU Nomor 05/Kpts/KPU-Prov-018/2013 tanggal 31 januari 2013.

Lima paket itu masing-masing: Drs. Frans Lebu Raya – Drs. Benny Alexander Litelnoni, SH, M.Si (Paket Frenly), Ir. Esthon L. Foenay, M.Si – Paul Edmundus Tallo, S.Sos. M.Par (paket Esthon – Paul),  Drs. Christian Rotok – Ir. Abraham paul Liyanto (paket Christal), Drs. Ibrahim Agustinus Medah – Imanuel Melkiades Lakalena (Paket Tunas) dan pasangan Dr. Benny Kabur Harman, SH, MH – Willem Nope, SH (paket KBH-NOPE).

“Kita sudah tetapkan lima paket calon gubernur dan wakil gubernur NTT berdasarkan berkas dokumen yang dimasukkan dan hasil verifikasi dan klarifikasi dengan berbagai pihak seperti KPU Pusat dan Bawaslu. Hasilnya sudah final dan kita umumkan hari ini kepada masyarakat NTT,” kata John Depa.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang enam paket yang mendaftar tetapi hanya lima paket yang lolos, juru bicara KPU NTT, Djidon de Haan mengatakan, satu paket terleleminir karena berkas yang dimasukkan tidak lengkap. Berkas itu antara lain format B 1 dan format B 2 tidak ditandatangani.

“Ada lima belas Parpol non seat yang mendukung paket  Benedictus Bosu dan Melkianus Adoe (BBM) tetapi hingga selesai masa perbaikan, ada beberapa parpol tidak menandatangani formulir B 1 dan B 2 tersebut. Dengan demikian pasangan ini dinyatakan tidak lolos,” kata Djidon.

Untuk diketahui  lima paket yang lolos itu yakni paket Frenly  didukung oleh PDIP, PPP, PKB, Hanura dan PKS. Pasangan Esthon L Foenay – Paulus Edmundus Tallo (paket Thotal) di dukung partai Gerindra dan PDS. Pasangan Ibrahim Agustinus Medah – Emanuel Melkiades Lakalena (Paket Tunas) didukung partai Golkar,  pasangan BKH-Nope didukung Partai Demokrat, Partai Pelopor,  PAN, PPI, Republikan, PDK, PPDI, dan PKPB,  sedangkan  pasangan Christian  Rotok – Abraham Paul Liyanto (CristAL).  Satu-satunya paket independen. (Oni).

9 Responses to KPU Tetapkan Lima Pasang Cagub dan Cawagub NTT

You must be logged in to post a comment Login