Sail Komodo 2013

Anggaran Promosi Sudah Tersedia, Bupati Diharapkan Jadi Ujung Tombak

Gubernur NTT, dana promosi Sail Komodo sudah ada, Silahkan digunakan untuk promosi. (Foto: FBC: Bonne Pukan)

KUPANG. FBC- Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya mengatakan, anggaran promosi Sail Komodo yang digelar 2013, tersedia dan untuk itu semua pihak termasuk Dinas Pariwisata setempat untuk segera melakukan promosi ajang pariwisata internasional itu.

“Saya berharap semua pihak harus bersinergi dengan baik, agar hajatan besar berskala internasional karena dihadiri peserta dari beberapa negara di dunia ini dapat berhasil dengan baik,” kata Lebu Raya di Kupang, Senin (14/1),

Menurut dia, alokasi anggaran untuk promosi Sail Komodo yang akan digelar September mendatang itu, sangat tersedia, sehingga tidak ada alasan bagi Dinas Pariwisata di provinsi kepulauan itu, untuk tidak melakukan promosi, baik bersifat lokal juga internasional.

Untuk tahun 2012 saja, menurut Lebu Raya, alokasi promosi yang tersedia, berjumlah Rp1,5 miliar yang berasal dari alokasi APBN berjumlah Rp1 miliar dan yang bersumber dari APBD Provinsi NTT berjumlah Rp 500 juta.

Gubernur berharap, semua pihak, termasuk seluruh bupati dan wali kota di wilayah kepulauan itu, diharapkan bisa menjadi ujung tombak promosi, agar ajang tersebut, bisa berjalan dan sukses, demi membawa dampak  ekonomis bagi masyarakat di provinsi tersebut.

Pemerintah akan menjadikan Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu destinasi dunia. Salah satunya, dengan menggelar puncak event wisata Sail Komodo 2013. Rencananya akan dilaksanakan 7 atau 15 September 2013 mendatang di Labuhan Bajo.

Sebelumnya, Menko Kesra, Agung Laksono menyatakan tanggal 7 atau 15 September 2013 menjadi puncak Sail Komodo yang akan dilakukan di NTT, tentu mendekati Pulau Komodo sebuah tempat di Labuan Bajo.

“Pelaksanaan akan dilakukan di NTT, mendekati pulau komodo, di sebuah tempat di Labuan Bajo. Tempat itu kita siapkan menjadi salah satu destinasi wisata dunia,” kata Menko Kesra Agung Laksono.

Dia mengatakan, persiapan harus dilakukan untuk persiapan sarana dan prasarana. Kalau yang sudah ada dikembangkan lagi. Disana akan dilakukan berbagai kegiatan termasuk bakti sosial.

“Promosi ini diharapkan akan mempercepat pembangunan Nusa Tenggara Timur. Apalagi sekarang bidang pendidikan dan kesehatan  banyak tertinggal.  Melalui momentum ini kita upayakan dipercepat,” tuturnya.

Menurut Agung, pemilihan Pulau Komodo menjadi lokasi Sail Indonesia agar daerah tersebut semakin mendunia. “Daerah tersebut memiliki potensi pariwisata yang sangat bagus, dan kita akan lebih mempromosikannya melalui kegiatan tersebut,” katanya. (Oni)

One Response to Anggaran Promosi Sudah Tersedia, Bupati Diharapkan Jadi Ujung Tombak

You must be logged in to post a comment Login