Pesona Budaya NTT Songsong Sail Komodo

KUPANG.FBC.-  Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melaksanakan acara malam pesona budaya Flobamora 2012 di Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat pada 6-7 Desember 2012 lalu.Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong Sail Komodo 2013.

Kabid Kebudayaan Disbudpar NTT, Yuliana Rambu Rauna yang dihubungi di Kupang, Selasa (18/12) menjelaskan, kegiatan ini diikuti 21 sanggar seni dari berbagai daerah di NTT dan menampilkan berbagai atraksi budaya diantaranya tarian tradisional, ritual adat, serta berbagai tarian kreasi baru.

Kabid Kebudayaan Disbudpar NTT, Yuliana Rambu Rauna ketika membuka kegiatan ini di Labuan Bajo, 7 Desember 2012 lalu (Foto: ist)

Kegiatan ini, kata Yuliana dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan berbagai stake holder yang bergerak di bidang seni demi mendukung Sail Komodo sebagai sebuah hajatan besar berskala internasional yang akan terpusat di Labuan Bajo bulan September tahun depan.

“Kami lakukan ini untuk mempersiapkan sangar-sanggar seni agar bisa tampil maksimal ketika pelaksanaan Sail Komodo tiba. Kita harus bisa memberikan jaminan bahwa daerah ini selain kaya akan potensi wisata alam, juga kaya dengan potensi wisata budaya dan seni,” kata Yuliana.

Yuliana mengatakan, pemerintah Provinsi NTT dibawah kepemimpinan Gubernur Frans Lebu Raya ingin mempersembahkan  yang terbaik untuk peserta Sail Komodo yang datang dari berbagai negara, Presiden RI serta tamu-tamu negara lainnya pada puncak Sail Komodo di Labuan Bajo nanti.

Sementara itu, Gubernur NTT Frans Lebu Raya beberapa waktu lalu menjelaskan, total anggaran biaya untuk kegiatan Sail Komodo 2013 mencapai Rp.3,7 triliun. Dana ini digunakan untuk pembangunan fasilitas, aksesibilitas, sumber daya manusia serta pengembangan infrastruktur wisata di Manggarai Barat.

Sail Komodo 2013, kata Gubernur Lebu Raya, merupakan salah satu kegiatan penting yang membutuhkan kerja sama semua pihak, baik pemerintah maupun swasta.

“Kegiatan ini merupakan ajang promosi wisata. Karena itu pemerintah dan masyarakat, khususnya Manggarai Barat hendaknya mempersiapkan kebersihan lingkungan,” pintanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Tujuan Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT, Thomas Lelan mengatakan, dana dari pemerintah pusat yang sebelumnya diusulkan sebesar Rp 3,7 trilun akan bertambah hingga bisa mencapai   lebih dari Rp 4 triliun. (Oni)

One Response to Pesona Budaya NTT Songsong Sail Komodo

You must be logged in to post a comment Login