Quantcast

Anggaran Sail Komodo 2013 Mencapai Rp. 3,7 Triliun

Gubernur- NTT, Drs. Frans Lebu Raya

LABUAN BAJO, FBC- Total anggaran biaya untuk menyambut kegiatan Sail Komodo 2013 mencapai Rp.3,7 triliun. Dana sebesar itu antara lain untuk pembangunan sejumlah fasilitas, aksesibilitas, sumber daya manusia serta pembangunan infrastruktur wisata. Kegiatan Sail Komodo dikabarkan akan diikuti oleh ratusan wisatawan asal mancanegara. Namun, tindakan aksi baru akan dilakukan setelah pihak pemerintah menerima Keputusan Presiden yang mengatur tentang pelaksanaan Sail Komodo. Demikian dikemukakan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya kepada media massa beberapa hari lalu.

Meskipun masih menanti terbitnya Kepres tentang Sail Komodo 2013, oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, Pemerintah Propinsi NTT dan Kabupaten Manggarai Barat selaku tuan rumah akan terus melakukan berbagai persiapan guna mendukung suksesnya kegiatan akbar tersebut. “Kita tetap melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyongsong Sail Komodo ini sambil menunggu Kepres sebagai pedoman pelaksana kegiatan tersebut,” ujar Lebu Raya.

Sail Komodo 2013, kata Gubernur Lebu Raya,  merupakan salah satu kegiatan penting yang membutuhkan kerja sama semua pihak baik pemerintah maupun swasta. Kegiatan tersebut juga sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata di wilayah ini,  karena itu pemerintah dan masyarakat khususnya Manggarai Barat hendaknya mempersiapkan segala sesuatu terutama kebersihan lingkungan.

Sementara itu, Ketua DPRD Manggarai Barat, Mateus Hamsi menyatakan, DPRD Manggarai Barat tidak akan mengalokasikan sejumlah dana dari APBD untuk mendukung kegiatan Sail Komodo 2013. Hamsi beralasan, kegiatan Sail Komodo 2013 merupakan program pemerintah pusat dan kegiatan tersebut membutuhkan dana yang sangat besar.

“Kegiatan Sail Komodo merupakan programnya pemerintah pusat sehingga dewan tidak akan menyetujui anggaran meskipun pemerintah daerah mengajukan anggaran itu kepada dewan. Biaya untuk sail sangat besar dan daerah tidak mampu, jadi kita jangan paksakan diri. Kita hanya lakukan yang bisa kita buat seperti membersihkan sampah atau menyediakan pelayanan publik lainnya sedangkan untuk anggaran kita tak akan pernah mau menganggarkannya dari APBD kita,” ujarnya.

Terkait Sail Komodo 2013, Robert Perkasa dan Yoseph Da Putra, dua aktivis LSM di Labuan Bajo mengkritisi kegiatan tersebut lantaran Sail Komodo cenderung digunakan oleh pihak-pihak tertentu sebagai ajang untuk mempromosikan diri menjadi gubernur dan wakil gubernur NTT pada pemilihan umum yang akan digelar bulan Maret tahun 2013 mendatang. Fenomena ini terlihat dari sejumlah spanduk yang terpancang di sejumlah sudut kotadengan gambar sejumlah calon gubernur dan wakil gubernur NTT dan gambar bupati dan wakil bupati Manggarai Barat. Kedua aktivis itu menilai, Sail Komodo 2013 telah dipolitisasi untuk kepentingan politik kekuasaan tahun 2013 dan 2015 mendatang. (Kis)





18 Responses to "Anggaran Sail Komodo 2013 Mencapai Rp. 3,7 Triliun"

You must be logged in to post a comment Login